CIDR (Classless Inter Domain Routing) adalah cara untuk mengalokasikan dan menentukan alamat Internet yang digunakan dalam antar-domain routing yang lebih fleksibel dibandingkan dengan sistem yang asli dari Internet Protocol (IP) kelas alamat. Akibatnya, jumlah alamat Internet yang tersedia telah sangat meningkat. CIDR adalah sekarang sistem routing yang digunakan oleh hampir semua host gateway di Internet backbone jaringan. Berwenang mengatur Internet sekarang mengharapkan setiap penyedia layanan Internet ( ISP ) untuk menggunakannya untuk routing.

Internet Protocol asli mendefinisikan alamat IP es di empat kelas utama struktur alamat, Kelas A sampai D. Masing-masing kelas mengalokasikan satu bagian dari format alamat 32-bit Internet untuk alamat jaringan dan sisanya ke mesin host tertentu dalam jaringan ditentukan oleh alamat. Salah satu kelas yang paling umum digunakan adalah (atau) Kelas B, yang mengalokasikan ruang sampai 65.533 nomor host. Sebuah perusahaan yang dibutuhkan lebih dari 254 mesin host tetapi jauh lebih sedikit daripada host 65.533 alamat mungkin dasarnya akan "membuang" sebagian besar blok alamat dialokasikan.Untuk alasan ini, Internet, sampai kedatangan CIDR, kehabisan ruang alamat yang jauh lebih cepat dari yang diperlukan. CIDR efektif memecahkan masalah dengan memberikan cara baru dan lebih fleksibel untuk menentukan alamat jaringan di router. (Dengan versi baru dari Internet Protocol - IPv6 - alamat 128-bit adalah mungkin, sangat memperluas jumlah alamat yang mungkin di Internet, tapi akan ada beberapa waktu sebelum IPv6 digunakan secara luas).

Menggunakan CIDR, masing-masing alamat IP memiliki awalan jaringan yang mengidentifikasi baik sebagai agregasi dari gateway jaringan atau gateway individu.Panjang prefix jaringan juga ditetapkan sebagai bagian dari alamat IP dan bervariasi tergantung pada jumlah bit yang diperlukan (bukan setiap struktur kelas tugas sewenang-wenang). Sebuah IP alamat tujuan atau rute yang menggambarkan tujuan banyak kemungkinan memiliki awalan pendek dan dikatakan kurang spesifik. Sebuah awalan lagi menggambarkan sebuah gateway tujuan lebih khusus. Router yang diperlukan untuk menggunakan awalan jaringan yang paling spesifik atau terpanjang di tabel routing ketika forwarding paket.


Sebuah alamat jaringan CIDR terlihat seperti di bawah ini :

192.30.250.00/18

The "192.30.250.00" adalah alamat jaringan itu sendiri dan "18" mengatakan bahwa 18 bit pertama adalah bagian jaringan dari alamat, meninggalkan 14 bit terakhir untuk alamat host tertentu. CIDR memungkinkan satu entri tabel routing yang mewakili agregasi dari jaringan yang ada di jalan depan yang tidak perlu ditetapkan pada gerbang tertentu, sama seperti sistem telepon umum menggunakan kode area untuk menyalurkan panggilan ke arah bagian tertentu dari jaringan. Ini agregasi jaringan di satu alamat kadang-kadang disebut sebagai supernet.
CIDR didukung oleh Protokol Border Gateway, eksterior yang berlaku (interdomain) protokol gateway. (Eksterior tua atau protokol interdomain gateway, Exterior Gateway Protocol dan Protokol Routing Informasi , tidak mendukung CIDR). CIDR juga didukung oleh OSPF interior atau protokol gateway antar domain.

CIDR - Domain Routing Classless Inter - diadopsi untuk membantu meringankan beban dikenakan pada internet dan router jaringan backbone besar dengan meningkatnya ukuran tabel routing.

Tabel routing besar memiliki efek samping yaitu:
  • Router memerlukan lebih banyak memori untuk menyimpan dan memanipulasi tabel routing mereka yang meningkatkan biaya operasi.
  • Routing latency meningkat karena jumlah besar dari data yang terdapat dalam tabel routing.
  • Jaringan penggunaan bandwidth meningkat dengan routing update ketika router bertukar tabel routing mereka.
Sebuah solusi untuk masalah ini ditemukan di CIDR. CIDR memungkinkan agregasi Alamat IP yang pada gilirannya mengurangi ukuran tabel routing dan membahas masalah yang tercantum di atas.

sumber : http://searchnetworking.techtarget.com/definition/CIDR

http://www.subnet-calculator.com/cidr.php

Leave a Reply